Konsep Enkapsulasi pada Pemrograman Java

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang konsep Enkapsulasi pada bahasa Pemrograman Java, sebelum kita memulai ke contoh program, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian enkapsulasi itu sendiri.

Nah di bawah ini ada sedikit pengertian mengenai enkapsulasi yang saya dapat dari wikipedia.

Enkapsulasi (bahasa Inggris:encapsulation), secara umum merupakan sebuah proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Enkapsulasi ialah suatu prinsip penyembunyian desain atau pengimplementasian informasi yang tidak sesuai pada object yang ada. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Dalam Osi References Model, proses enkapsulasi yang terjadi pada lapisan terendah umumnya disebut sebagai “framing“. Dalam JAVA, dasar enkapsulasi adalah class. anda membuat suatu class yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class tidak dapat diakses oleh class lain dengan menjadikan class tersebut private, atau dengan menjadikan class tersebut protected, yaitu hanya bisa diakses oleh turunannya. lain hal jika anda menggunakan class public, dalam hal ini dapat diakses oleh sembarang class karena bersifat umum.

Dalam enkapsulasi terdapat hak akses public, protected, dan private. Hak akses public memungkinkan semua kelas mengaksesnya, hak akses protected hanya diberikan kepada kelasnya sendiri dan turunannya, serta kelas-kelas dalam satu paket. Sedangkan private hanya boleh diakses oleh kelasnya sendiri. Mengapa jika hak akses public pada konstruktor manusia di ganti dengan PRIVATE, program akan ERROR ? Private, adalah level proteksi untuk andi yang berada di dalam manusia. Si andi tidak boleh keluar dari manusia karena mempunya level proteksi paling tinggi. Dalam implementasinya, field dengan level proteksi private hanya dapat diakses di dalam class tersebut.

Dibawah ini ada potongan program sederhana yang menjelaskan tentang konsep enkapsulasi..

class Box {
// what are the properties or fields
private int length;
private int width;
private int height;

// what are the actions or methods
public void setLength(int p)
{length = p;}

public void setWidth(int p)
{width = p;}

public void setHeight(int p)
{height = p;}

public int displayVolume()
{return (length*width*height);}
}

class BoxVol {
public static void main (String args[]) {

Box ob1 = new Box();

double vol;

ob1.setLength(120);
ob1.setWidth(100);
ob1.setHeight(90);

vol = ob1.displayVolume();
System.out.println(“Volume nya adalah : ” + vol);
}
}

Output :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s